Menu Content/Inhalt
Home
Konsep “Ekonomi Hijau” Diperdebatkan di PBB
Berita - Globalisasi
Monday, 21 June 2010
[Chee Yoke Ling dan Saradha Iyer – New York] Pertemuan Persiapan Konferensi Perserikatan Bangsa-Bangsa untuk Pembangunan Berkelanjutan (UN CSD) Mei 2010 lalu, memperlihatkan perdebatan dan pertukaran gagasan secara interaktif antar negara-negara anggota PBB dengan Badan-badan PBB dan Kelompok-kelompok Utama seputar pemahaman mereka tentang apa makna sebuah pendekatan "Ekonomi Hijau atau Green Economy" dalam konteks pembangunan berkelanjutan dan penghapusan kemiskinan.
Read more...
 
Pengurangan Emisi Negara Maju Masih Diperdebatkan
Berita - Perubahan Iklim
Monday, 14 June 2010

[Lim Li Lin – Bonn] Negara berkembang kembali mendesak negara maju untuk membuat komitmen pengurangan emisi gas rumah kaca (GRK) dalam pertemuan  Konvensi PBB mengenai Perubahan Iklim (UNFCCC) di Bonn, Jerman pada awal Juni 2010. Kelompok Kerja mengenai Komitment Negara Annex I (negara maju) di bawah Protokol Kyoto (AWG-KP) mengadakan pertemuannya pada 4 dan 5 Juni untuk membahas hal tersebut.

Read more...
 
Subsidi Perikanan: Menjaring uang Sekaligus Menangkap Ikan Ilegal
Berita - Globalisasi
Thursday, 10 June 2010

[Lutfiyah Hanim – Jakarta] Tidak hanya di bidang pertanian, UE juga banyak memberikan subsidi di bidang perikanan. Fenomena itu disoroti oleh salah satu lembaga non pemerintah dalam berbagai laporannya di situs www.fishsubsidy.org. Karena dana-dana publik dari para pembayar pajak disinyalir juga digunakan dalam kegiatan penangkapan ikan secara illegal dan mendorong penangkapan ikan yang berlebihan (overfishing).

Read more...
 
Nestle Melakukan Pembajakan Hayati atas Tanaman dari Afrika Selatan?
Berita - Globalisasi
Monday, 07 June 2010

[Lutfiyah Hanim – Jakarta] Nestle, perusahaan pangan dunia, menghadapi tuduhan dari dua organisasi non pemerintah di Afrika Selatan dan Swiss, telah melakukan pembajakan hayati, setelah menyampaikan aplikasi paten atas dua tanaman yaitu rooibos dan honeybush, tanpa merundingkan ijin terlebih dulu dengan Afrika Selatan, negara asal tanaman.

Read more...
 
Obat 'Palsu, Bajakan, Tidak Berkualitas' dan WHO
Berita - HKI & Akses Atas Obat
Thursday, 03 June 2010

[Kanaga Raja – Jenewa] Lebih dari 45 Organisasi Non Pemerintah (Ornop) telah menyuarakan keperihatian mereka terhadap keterlibatan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO – World Health Organization) dalam isu pemalsuan produk obat-obatan. Menurut mereka, program tersebut dapat membatasi akses terhadap obat-obatan yang terjangkau, serta gagal mengatasi maraknya obat-obatan yang mengorbankan kualitas, keselamatan dan kemanjuran obat.

Read more...
 
Menuju Konferensi Pembangunan Berkelanjutan 2012
Berita - Globalisasi
Monday, 24 May 2010

[Chee Yoke Ling dan Saradha Iyer – New York] Pada 14 Mei 2010 PBB memulai persiapan penyelenggaraan Konferensi PBB tentang Pembangunan Berkelanjutan pada 2012 (United Nations Conference on Sustainable Development), untuk mengkaji ulang kemajuan dan kesenjangan pelaksanaan dari hasil konferensi bersejarah 20 tahun lalu yaitu KTT  (konferensi tingkat tinggi) Rio de Janeiro tentang lingkungan dan pembangunan pada 1992 serta berbagai pertemuan PBB  lain yang relevan. Konferensi ini disebut Konferensi Rio+20.

Read more...
 
Perubahan Iklim: Dokumen Rahasia Mengungkap Kontroversi Kopenhagen
Artikel/Opini - Perubahan Iklim
Friday, 21 May 2010

[Meena Raman – Jenewa] Media massa Denmark membeberkan sebuat memorandum konfidensial yang berasal dari kantor Perdana Menteri Denmark pada akhir April 2010. Dokumen tertanggal  6 Januari 2010 itu berjudul  "COP15: analysis, perspective dan strategy" dan menyampaikan perspektif Denmark tentang Konferensi Perubahan Iklim Kopenhagen pada Desember 2009 lalu. Memorandum tersebut juga menjabarkan kejadian yang mengarah pada penyusunan Kesepakatan Kopenhagen (Copenhagen Accord) yang kontroversial itu.  

Read more...
 
<< Start < Prev 1 2 3 4 5 6 7 8 Next > End >>

Results 25 - 32 of 64