Menu Content/Inhalt
Home
Pembangunan Tidak Berkelanjutan dan Krisis Pangan
Berita - Pangan & Pertanian
Friday, 15 May 2009

(Lutfiyah Hanim-Jakarta) - pertemuan Komisi Pembangunan Berkelanjutan PBB (UN CSD - Commission on Sustainable Development) ke 17 tidak hanya membicarakan isu lingkungan dan konservasi, tetapi menyoroti berbagai isu-isu lain yang juga saling terikat satu sama lain. Karena pembangunan berkelanjutan bukanlah isu lingkungan semata, tetapi juga hak atas pangan.


Read more...
 
Memikirkan Ulang Pertanian (2) - Menjawab Tantangan Baru
Artikel/Opini - Pertanian Berkelanjutan
Wednesday, 13 May 2009

(Oleh Lim Li Ching, Elenita Daño dan Hira Jhamtani) - Sementara pertanian masih bergulat dengan beragam kesalahan di masa lalu, tantangan-tantangan baru muncul. Perubahan Iklim, tanaman rekayasa genetik, perkembangan bahan bakar nabati, pengambilan lahan, pemusatan korporasi dan krisis keuangan.


Read more...
 
Memikirkan Ulang Pertanian (1)
Artikel/Opini - Pertanian Berkelanjutan
Wednesday, 13 May 2009

(Oleh Lim Li Ching, Elenita Daño dan Hira Jhamtani)-Krisis pangan parah yang melanda dunia pada paruh akhir tahun 2007 hingga sebagian besar 2008 telah mendorong pertanian masuk kedalam panggung utama perdebatan tentang pembangunan. Krisis tersebut – bersama krisis energi, perubahan iklim dan lingkungan yang telah terlebih dahulu muncul – mengancam kestabilan sosial di banyak negara yang mengalami kerusuhan akibat pangan dan telah menambah keraguan terhadap pencapaian keseluruhan Tujuan Pembangunan Milenum (MDGs - Millennium Development Goals ).

Read more...
 
Deregulasi Keuangan: Sumber Krisis Global Saat Ini
Berita - Krisis Keuangan
Thursday, 30 April 2009

(Kanaga Raja-Jenewa) – Proses deregulasi keuangan yang berlangsung terus menerus – didalam suatu negara dan antarnegara – telah menyuburkan iklim optimisme yang mendorong keputusan beresiko dan merupakan akar permasalahan dari krisis global saat ini, demikian disampaikan Konferensi PBB untuk Perdagangan dan Pembangunan (UNCTAD - United Nations Conference on Trade and Development) pada hari kamis lalu (19 Maret 2009).

Read more...
 
Kelompok kerja anti-pembajakan dan akses obat generik
Berita - HKI & Akses Atas Obat
Thursday, 30 April 2009
(Sangeeta Shashikant-Jenewa). Sebuah kelompok kerja (pokja) anti-pembajakan yang dibentuk dibawah Organisasi Kesehatan Dunia (World Health Organisation - WHO) kemungkinan dimanfaatkan oleh perusahaan-perusahaan obat multinasional untuk menghambat perdagangan obat generik di negara berkembang, yang pada akhirnya berdampak pada akses terhadap obat-obatan di negara-negara tersebut.
Read more...
 
Pengajuan hak paten atas gen korban flu burung
Artikel/Opini - Flu Burung
Sunday, 26 April 2009

(Edward Hammond-Bogota) September lalu kolaborasi AS-Eropa telah mengajukan aplikasi klaim hak paten terhadap antibodi manusia (dan beberapa binatang) terhadap virus flu burung H5N1.

Perusahaan tersebut juga mengklaim secara khusus DNA (serta asam amino) yang diambil dari ketiga korban virus H5N1 yang selamat di Taiwan. DNA yang di bersandikan  antibodi tersebut akan sangat berguna untuk melawan virus H5N1. DNA tersebut terdiri dari rangkaian sel yang diambil dari darah korban.

Read more...
 
Jaringan WHO ajukan hak paten atas virus flu burung
Artikel/Opini - Flu Burung
Sunday, 26 April 2009

(Edward Hammond-Bogota)—Ada perkembangan baru yang semakin menekan reformasi Global Influenza Surveillance System Network (GISN) World Health Organization (WHO), yaitu pengajuan aplikasi paten internasional terhadap kepemilikan gen influenza Indonesia oleh Centres for Disease Control (CDC) AS dan National Institutes of Health AS.

CDC, yang merupakan Collaborating Centre WHO, mendaftarkan hak paten tersebut sebagai vaksin influenza yang dikhususkan untuk Flu Burung (H5N1). Vaksin ini merupakan turunan  dari virus H5N1 yang didapat dari korban Flu Burung di Indonesia pada tahun 2005.

Read more...
 
<< Start < Prev 1 2 3 4 5 6 7 8 9 Next > End >>

Results 65 - 71 of 71