Menu Content/Inhalt
Home arrow Hak Kekayaan- Intelektual
Hak Kekayaan Intelektual (HKI)
Gugatan Novartis di Pengadilan India atas Paten Imatinib PDF Print E-mail
HKI & Akses Atas Obat
Monday, 09 July 2012
Sejak 2006 sampai saat ini (Juli 2012), sedang berlangsung di mahkamah agung India, persidangan gugatan Novartis atas ditolaknya paten Imatinib Messylate oleh kantor paten India.
Read more...
 
Paten Versus Pasien: Tanya Jawab Akses atas Obat PDF Print E-mail
HKI & Akses Atas Obat
Monday, 23 April 2012

Akses atas obat adalah hak azasi manusia. Namun, banyak hal yang menghambat akses tersebut. Salah satunya adalah monopoli akibat perlindungan hak kekayaan intelektual, dalam hal ini adalah paten. Berikut adalah terjemahan dari situs MSF (Médecins Sans Frontières – Dokter tanpa Batas).  

Read more...
 
Gugatan Novartis untuk Paten Glivec Ditolak Kantor Paten India PDF Print E-mail
HKI & Akses Atas Obat
Monday, 16 April 2012

[Lutfiyah Hanim – Jakarta] Gugatan Novartis pada kantor Paten India telah dilakukan beberapa tahun lampau. Saat ini kasusnya disidangkan di Mahkamah Agung India, keputusannya kemungkinan akan dilakukan pada bulan Juli 2012 mendatang. Tulisan di bawah ini dibuat pada awal gugatan ini berlangsung tahun 2007 dan pernah dimuat di website IGJ saat itu www.globaljust.org. Namun website itu berganti nama menjadi www.igj.or.id. Karena tulisan ini masih relevan, maka dipublikasi kembali.

Read more...
 
Sistem Budidaya Tanaman dan Hak-hak Petani PDF Print E-mail
HKI & Pembangunan
Monday, 16 April 2012

[Nurul Barizah - Surabaya] Selain dua peraturan perundangan yang telah dibahas sebelumnya yaitu UU Paten dan UU Perlindungan Varietas Tanaman, UU Sistem Budidaya Tanaman juga menjadi sandungan bagi kreativitas petani. Berikut adalah analisa mengenai peraturan yang telah menggiring belasan petani ke penjara di Jawa Timur. Ini merupakan tulisan terakhir dari tiga rangkaian tulisan oleh penulis yang sama.

Read more...
 
Undang-undang Paten dan Hak Petani PDF Print E-mail
HKI & Pembangunan
Monday, 16 April 2012

[Nurul Barizah - Surabaya] Di bagian kedua ini, Penulis berpendapat Undang-undang Paten di Indonesia juga dikembangkan dengan semangat perjanjian TRIPs untuk memfasilitasi liberalisasi perdagangan dunia dan untuk melindungi pemegang hak paten. Tulisan berikut pernah dipresentasikan dalam Dialog Petani: Dampak perlindungan Varietas Tanaman pada Petani, yang diselenggarakan atas kerjasama Aliansi Petani Indonesia, Third World Network dan United Nations for Development Program di Jakarta pada Februari 2009. Redaksi membaginya menjadi tiga tulisan, ini adalah bagian kedua.

Read more...
 
<< Start < Prev 1 2 3 4 Next > End >>

Results 1 - 9 of 29