Menu Content/Inhalt
Home arrow Pertanian Berkelanjutan
Pertanian Berkelanjutan
Pembangunan Berkelanjutan, Implementasinya? PDF Print E-mail
Pertanian Berkelanjutan
Saturday, 30 July 2011

(Lutfiyah Hanim – Solo) Anda mungkin masih mengingat istilah pembangunan berkelanjutan. Baru-baru ini, bagaimana mengatasi implementasi yang buruk dari pembangunan berkelanjutan menjadi salah satu pembicaraan utama dalam Dialog Tingkat Tinggi atas Kerangka Institusi untuk Pembangunan Berkelanjutan (The high-level dialogue on the institutional framework for sustainable development atau HLD IFSD) yang diadakan atas kerjasama Pemerintah Indonesia dengan Departemen untuk Urusan Ekonomi dan Sosial Perserikatan Bangsa-Bangsa (United Nations Department of Economic and Social Affairs/UN-DESA) di kota Solo Jawa Tengah.

Read more...
 
WTO membahas subsidi perikanan PDF Print E-mail
Pertanian Berkelanjutan
Sunday, 20 February 2011

[Kanaga Raja-Jenewa] kelompok perundingan dalam WTO (World Trade Organization) yang merundingkan rules, mendiskusikan beberapa usulan tentang subsidi perikanan termasuk tiga usulan tentang perlakuan khusus dan berbeda bagi negara-negara berkembang pada pertemuan informal tanggal 7-9 Februari 2011.

Read more...
 
Kisah dari Kerala (bagian 2): Ketahanan pangan dan kaum perempuan PDF Print E-mail
Pertanian Berkelanjutan
Monday, 24 January 2011

[Ananya Mukherjee Reed- India] Ini adalah bagian kedua dari tulisan mengenai  upaya pemerintah Kerala - India meningkatkan partisipasi perempuan dalam pertanian. Di bagian ini, penulis menceritakan hasil eksperimen inovatif ini juga menggerakkan perubahan sosial lain. 

Read more...
 
Kisah dari Kerala: Ketahanan pangan dan kaum perempuan PDF Print E-mail
Pertanian Berkelanjutan
Thursday, 20 January 2011

[Ananya Mukherjee Reed- India] Penulis menyoroti sebuah eksperimen inovatif yang dilakukan oleh pemerintahan Negara bagian India, Kerala  untuk meningkatkan partisipasi perempuan di bidang pertanian dan memastikan bahwa, perempuan sebagai produser memegang kendali atas produksi, distribusi dan konsumsi pangan. (Catatan editor: tulisan ini dibagi dua karena cukup panjang, ini adalah bagian pertama).  

Read more...
 
Revolusi Hijau Afrika Menggulirkan Revolusi Genetik (2) PDF Print E-mail
Pertanian Berkelanjutan
Wednesday, 24 June 2009

[Mariam Mayet* – Afrika Selatan] Dalam bagian pertama, telah dijelaskan mengenai peranan dari Rockefeller dan Bill dan Melinda Gates Foundation yang meluncurkan Aliansi untuk revolusi hijau di Afrika (AGRA - Alliance for a Green Revolution in Africa). Ini adalah tulisan kedua dari upaya menghidupkan kembali revolusi hijau bersama dengan paket teknologi rekayasa genetika.

Read more...